Tuesday, February 21, 2017

Peluang Usaha Tambahan Sebagai Blogger Profesional

Mencari pendapatan tambahan atau pun sampingan tak selalu harus memiliki modal. Kini tanpa modal pun atau sekedar iseng-iseng bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan. Salau satu peluang usaha sampingan yang potensial dan mudah dijalankan adalah sebagai blogger profesional. Mengerjakannya pun cukup fun, karena sebagai blogger tentunya senang membahas hobi atau hal-hal yang disukai.



Cantumkan Kontak yang Mudah Dihubungi
Jika berbakat menulis dengan pemaparan yang mudah dipahami orang banyak maka tak dipungkiri pembaca akan datang secara sendirinya. Nah, semakin banyak pembaca blog, maka akan semakin potensial blog Anda dijadikan sarana endorser suatu layanan jasa atau pun produk. Biasanya agensi dari perusahaan penyedia layanan atau produsen produk akan meminta para blogger untuk mereview produk atau jasa tersebut. Maka dari itu, selalu cantumkan kontak yang mudah dihubungi pada blog demi memudahkan para agensi tersebut menjangkau Anda.

Undangan Acara Bagi Para Blogger atau Kompetisi Menulis

Agensi terkadang mengadakan acara dengan mengundang para blogger untuk ramah tamah. Kemudian membagikan atau meminjamkan produk untuk direview. Atau bisa juga mengontak langsung dan memberikan penawaran secara pribadi. Selain itu cara lain agensi tersebut menjangkau para blogger untuk mengulas produk dan jasa yang ingin dipromosikan adalah dengan mengadakan kompetisi berhadiah. Hadiahnya bisa berupa uang tunai, liburan gratis, voucher, atau produk lain yang menarik.

Baca juga: 5 Bisnis Sampingan Modal Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga

Memperluas Jaringan Blogger

Nah sebagai blogger, agak tak ketinggalan informasi mengenai kompetisi-kompetisi yang diadakan oleh sponsor, sebaiknya ikut bergabung dalam komunitas blogger. Hubungan silaturahmi antar blogger, selain melalui komunitas blogger, bisa juga dilakukan dengan cara blogwalking. Anda bisa jalan-jalan mengunjungi blog orang lain. Tinggalkan jejak dengan menyapa pemilik blog, memberikan pujian mengenai tulisannya dan mengundang mereka berkunjung balik ke blog Anda. Biasanya sesama blogger akan saling memberi informasi juga bila ada event yang cocok diikuti oleh blogger.

Layanan Perantara antara Sponsor dan Blogger

Cara agar terhubung langsung dengan sponsor produk atau pun jasa bisa juga dilakukan dengan mendaftarkan diri pada layanan khusus yang menyediakan fasilitas tersebut. Anda cukup buka akun, lalu mencari kompetisi menulis blog yang sesuai untuk Anda dan mendaftarkan diri. Keikutsertaan lomba bisa dilakukan secara langsung, dengan syarat memiliki produknya terlebih dahulu, atau pun sponsor akan mengirim sample dari produk tersebut. Setelah Anda selesai mengulas produk atau layanan sponsor, berikan tautan ulasan yang dimuat di blog Anda.

Contoh Sponsor : Hadiah Yang Gokil Untuk Menyambut Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2017

Menjadi KOL atau Brand Ambassador


Jika pengaruh Anda cukup kuat di blog, maka tak menutup kemungkinan Anda akan dijadikan Key Opinion Leader (KOL) atau pun Brand Ambassador resmi dari brand atau produk tersebut. Dengan demikian tarif pun semakin meningkat. Bahkan sekelas pesohor atau pun artis. Namun perlu diingat, bila sudah menjadi Brand Ambassador usahakan benar-benar menguasai produk atau jasa yang diwakili. Dan jangan sampai kepergok menggunakan produk atau jasa milik pesaing agar tak tampak konyol.

Menjadi Kontributor Media

Nah bila ternyata Anda tak sampai ditunjuk sebagai brand ambassador tak perlu bersedih. Karena tetap ada peluang lain yang akan memberikan penghasilan tambahan bagi Anda, yaitu menjadi kontributor media. Bila memang tulisan Anda cukup terstruktur dan profesional, tak menutup kemungkinan Anda akan diminta menyumbangkan tulisan ke media, baik itu media cetak mau pun media online. Namun patut diingat, Anda lahir dari blog Anda, jadi jangan lantas keasyikan di media orang lain, lalu lupa meng-update blog sendiri. Tetap pertahankan tingkat kunjungan pada blog sendiri agar bisa tetap eksis!


Demikianlah beberapa tips bila ingin mencoba peluang usaha baru di bidang tulis menulis.

1 comment: